Minggu, 09 Mei 2010

CARA BARU MENDIDIK ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN

CARA  BARU  MENDIDIK  ANAK  SEJAK DALAM  KANDUNGAN

YANG INGIN DIKETAHUI ORANG TUA

A. Apakah Bayi Pralahir Benar – Benar Dapat Belajar?

Para peneliti dan ilmuan dalam bidang perkembangan pralahir menunjukkan bahwa selama berada dalam rahim, bayi dapat belajar, merasa dan mengetahui perbedaan antara terang dan gelap. Pada saat kandungan berusia lima bulan (20 minggu), kemampuan bayi Anda untuk merasakan stimulus telah berkembang dengan cukup baik sehingga Anda dapat memulai permainan – permainan belajar.

Tugas pertama anda adalah menarik perhatian bayi. Dalam melakukannya, akan sangat membantu jika anda mempertimbangkan kenyataan bahwa seseorang yang tinggal di dekat jalan raya jarang memperhatikan suara bunyi mobil berlalu-lalang. Sama halnya dengan bayi Anda di dalamrahim, ia mendengar suara – suara serta merasakan getaran dan gerakan. Akan tetapi, karena stimulus ini tidak mempunyai arti atau pola, ia tidak dapat belajar dari hal – hal tersebut dan cenderung mengabaikan bunyi dan gerakan di luar lingkungannya.

Sebuah contoh yang terkenal tentang fenomena dimana sejumlah orang tua dimintauntuk menceritakan tanggapan bayi mereka terhadap music yang ia dengar sebelum ia di lahirkan. Dr. Thomas Venry dalam bukunya , The Secret Life of the Unbron Child. Dr. Venry menulis tentang suatu wawancara dengan konduktor simfoni terkenal, Boris Bott, yang menjelaskan bagaimana ia tertarik pada music.konduktor ini ingat, sebagai pemuda, ia menemukanbahwa dirinya mampu memainkan beberapa lagu tanpa berlatih.

Boris Bott” untuk pertama kalinya saya memimpin suatu lagu dan tiba- tiba bagian music untuk selo terasa begitu akrab di telinga saya. Saya mengetahui alurnya sebelum saya sampai pada bagian music tersebut. Pada suatu hai, saya menceritakan hal ini pada ibu saya, seorang pemain selo professional . saya pikir beliau pasti akan tertarik karena not – not untuk selolah yang selalu Nampak jelas dalam pikiran saya . beliau sangat heran .akan tetapi,ketika mengetahui lagu yang saya mainkan, misteri itu terpecahkan dengan sendirinya. Semua not yang saya kenali adalah yang sering dimainkannya ketika saya berada dalam kandungannya”

Bunyi yang dihasilkan selo yang memberikan stimulus dini pada Brott sangat berpengaruh . Bunyi selo tidak terlalu keras, bergetar melalui udara dan selo dimainkan dengan cara memegangnya dekat perut sehingga baik bunyi maupun getarannya dapat di dengar dengan jelas .

Ketika sang ibu merasa senang dengan permainannya, pesan biologis kesenangan ini akan ditransmisikan kepada bayinya. Sang bayi akan mengasosiasikan bunyi music tersebut dengan pesan biokimia kesenangan. Pesan biologis ini dapat juga disampaikan dari seorang ibu kepada bayinya jika sang ibu perokok.

Tidak harus memainkan selo atau alat music sult lainnya untuk melakukan latihan –latihan ini. Banyak hal lain untuk penggantinya. Misalkan mendengarkan dengan tilawatil Quran. Yang jelas kita sudah tahu bahwa janin atau bayi di dalam kandungan kita sudah bias belajar. Tergantung anda saja sebagai IBU, apakah anda tahu dan menyadarinya atau tidak tahu sama sekali…Jadi berhati – hatilah….

Kapan dan bagaimana caranya anda berkomunikasi dengan bayi anda akan dijelaskan pada bab selanjutnya…..

To Be Continue… Bagaimana Berkomunikasi dengan bayi???

1 komentar:

  1. kapan dilanjutkan kisah DIA..? DIA sekarang sementara kulia toh di makassar,,?

    BalasHapus